Monday, October 29, 2012

Pengertian Manajamen



Pengertian Manajamen
"Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain" (id.Wikipedia.org)
sedangkan menurut para ahli :

1. Ricky W.Griffin
"Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan pengontrol sumber daya untuk mencaapai sasaran secara efektif dan efisien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien  berarti bahwa tugas yang ada dilaksankan dengan benar, teroganisir dan sesuai jadwal". (Griffin, R. 2006. Business, 8th Edition. NJ: Prentice Hall.)
2. Mary Parker Follet
"Manajemen adalah mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi" (Vocational Business: Training, Developing and Motivating People by Richard Barrett - Business & Economics - 2003. - Page 51)
3. Kamus Besar Bahas Indonesia (KBBI)
"Manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran." 
4. Drs. Oey Liang Lee
"Manajemen adalah ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan dari manusia untuk menentukan capaian tujuan sebagaimana yang telah ditetapkan."
5. James A.F. Stoner
"Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunaan terhadap sumberdaya organisasi lainnya supaya tujuan organisasi dapat tercapai sesuai dengan yang ditetapkan."
6. R. Terry
"Manajamen adalah suatu proses khas terdiri tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengontrolan yang dilakukan dalam menentukan serta mencapai target yang sudah ditetapkan lewat pemanfaatan sumberdaya manusia dan lainnya. "
7. Lawrence A. Appley 
"Manajemen adalah suatu seni untuk mencapai tujuan tertentu lewat usaha yang dilakukan oleh orang lain."

8.Horold Koont dan Cyril O’Donnel
"Manajemen adalah suatu usaha untuk mencapai tujuan lewat kegiatan orang lain."
6. Stoner
"Manajemen adalah suatu proses dalam membuat perencanaan, pengorganisasian, mengendalikan dan memimpin segala macam usaha daripada anggota organisasi dan menggunakan segala sumber daya organisasi dalam mencapai sasaran."
7. Wilson Bangun
"Manajemen adalah suatu rangkaian aktivitas yang dikerjakan oleh para anggota organisasi agar tujuan dapat tercapai dengan rangkaian yang teratur dan tersusun baik."
 

No comments:

Post a Comment